-->

Apa itu apatis ??

APATIS

Apatis adalah kurangnya emosi, motivasi atau antusiasme. Apatis merupakan istilah psikologis untuk keadaan ketidakpedulian, di mana seorang individu tidak menanggapi rangsangan kehidupan emosional, sosial atau fisik. Apatis depresi klinis dianggap tingkat yang lebih moderat dan didiagnosis sebagai gangguan identitas disosiatif dalam tingkat ekstrim. Aspek fisik apatis dikaitkan dengan kelelahan fisik, kelemahan otot dan kekurangan energi disebut letargi, yang memiliki banyak penyebab patologis juga.

"Kamus istilah teknis dalam bidang kedokteran dan kesehatan," catatan Luis Rey, sikap apatis merupakan kata yang mengacu kepada istilah kejiwaan, dengan definisi berikut: "Seorang individu ditandai dengan ketidaktertarikan ketidakpedulian atau ketidakpekaan terhadap peristiwa, kurangnya minat atau keinginan".

Apatis berasal dari apatheia Yunani. Pathos dalam bahasa Yunani, berarti "segala sesuatu yang mempengaruhi tubuh atau jiwa" dan keduanya sakit berarti, penderitaan, penyakit, dan keadaan jiwa untuk keadaan eksternal mampu menghasilkan emosi menyenangkan atau tidak menyenangkan, nafsu. Jadi apatheia dapat berarti tidak adanya penyakit, kerusakan organ, seperti kurangnya gairah dan emosi.

Galen pada abad kedua, menggunakan istilah apatheia terhadap somatik, mengacu pada tidak adanya lesi di dalam usus.

Apatheia Istilah ini digunakan oleh Aristoteles (384-322 SM) untuk ketenangan, pingsan, dan kemudian dimasukkan ke dalam sekolah filsafat yang didirikan oleh Zeno (335-263 SM), yang disebut Stoicisme, untuk mengekspresikan suasana hati yang ideal dicapai oleh manusia selama hidupnya.

Zenon adalah Cypriote Yunani pada tahun 313 SM ia pindah ke Athena, di mana ia mengkhotbahkan doktrin dan membuat banyak mualaf. Ia bertemu dengan murid-murid dan pengikutnya di tempat yang disebut Stoa Poikile, yang diterjemahkan sebagai "kolom serambi atau galeri bekerja". Stoa datang nama Stoic dan Stoicisme. 

Sumber: http://id.shvoong.com/humanities/theory-criticism/2291557-pengertian-apatis/#ixzz2ADuRftbN

Related Posts

Subscribe Our Newsletter