-->

Ketersediaan Pangan



 KETERSEDIAAN PANGAN

Menurut Suryana (2004), salah satu faktor penting  yang  berpengaruh terhadap  ketahanan  pangan yaitu ketersediaan pangan. Ketersediaan pangan pada tingkat wilayah adalah produksi pangan pada tingkat lokal. Bruntrup (2008) menambahkan bahwa ketersediaan  sarana  dan  prasarana distribusi darat  dan antar pulau  serta pemasaran  pangan sangat  penting untuk menunjang sistem
distribusi yang efisien. Distribusi  yang  efisien menjadi prasyarat untuk menjamin agar seluruh wilayah  sampai  pada  tingkat rumah  tangga dapat  terjangkau kebutuhan  pangannya dalam jumlah dan kualitas  yang  cukup  sepanjang  waktu dengan  harga  yang  terjangkau.
Ketersediaan   pangan   merupakan   kondisi   penyediaan   pangan   yang mencakup makanan dan minuman yang berasal dari tanaman, ternak dan ikan berikut turunannya  bagi  penduduk  suatu  wilayah  dalam  suatu  kurun waktu tertentu.   Ketersediaan   pangan   merupakan   suatu   sistem   yang   berjenjang (hierarchial   systems)   mulai   dari   nasional,   propinsi (regional),   lokal (kabupaten/kota) dan rumah tangga. Ketersediaan pangan dapat diukur baik pada tingkat makro maupun mikro (Baliwati dan Roosita, 2004).
Dalam Permentan Nomor 65 tahun 2010, ketersediaan pangan berfungsi menjamin impor pangan untuk memenuhi kebutuhan seluruh penduduk, dari segi kuantitas, kualitas, keragaman dan keamanannya. Ketersediaan pangan dapat dipenuhi dari tiga sumber yaitu:
(1)  produksi dalam negeri
(2)  pemasokan pangan (impor)
(3)  pengelolaan cadangan pangan (stok pangan)
Jumlah penduduk yang besar dengan keadaan kemampuan ekonomi relatif lemah, maka kemauan untuk tetap menjadi bangsa yang mandiri di bidang pangan harus terus diupayakan dari produk dalam negeri. Hal yang perlu disadari adalah kemampuan memenuhi kebutuhan pangan dari produksi sendiri, khususnya bahan pangan pokok juga menyangkut harkat martabat dan kelanjutan eksistensi bangsa. Sedangkan impor pangan merupakan pilihan akhir, apabila terjadi kelangkaan produksi dalam negeri. 

Daftar Pustaka
Bruntrup,  M.  2008. Global  Trends    in  Food  Security.  in:  Rural-21.  The International Journal  for  Rural  Development. Frankfurt,  Germany: DLG-Verlags GmbH.
Baliwati YF, Roosita K., 2004. Sistem pangan dan gizi. Penebar Swadaya. Depok 
 

Related Posts

Subscribe Our Newsletter