-->

PEMBERDAYAAN MASYARAKAT

Pemberdayaan Masyarakat




       Adalah suatu upaya atau proses menumbuhkan kemampuan masyarakat dalam menggali, mangatasi, memelihara, melindungi dan meningkatkan kesehatan baru kesejahteraan mereka sendiri.Berdaya seseorang yang mampu melakukan pekerjaan, yang mampu memperdaya kesehatan orang tersebut.

 A. Definisi Pemberdayaan Menurut Para Ahli
            Agar dapat memahami secara mendalam tentang pengertian pemberdayaan maka perlu mengkaji beberapa pendapat para ilmuwan yang memiliki komitmen terhadap pemberdayaan masyarakat.

a.   Robinson (1994) menjelaskan bahwa pemberdayaan adalah suatu proses pribadi dan sosial; suatu pembebasan kemampuan pribadi, kompetensi, kreatifitas dan kebebasan bertindak.
b.   Ife (1995) mengemukakan bahwa pemberdayaan mengacu pada kata “empowerment,” yang berarti memberi daya, memberi ”power” (kuasa), kekuatan, kepada pihak yang kurang berdaya.
c.  Payne (1997) menjelaskan bahwa pemberdayaan pada hakekatnya bertujuan untuk membantu klien mendapatkan daya, kekuatan dan kemampuan untuk mengambil keputusan dan tindakan yang akan dilakukan dan berhubungan dengan diri klien tersebut, termasuk mengurangi kendala pribadi dan sosial dalam melakukan tindakan. Orang-orang yang telah mencapai tujuan kolektif diberdayakan melalui kemandiriannya, bahkan merupakan “keharusan” untuk lebih diberdayakan melalui usaha mereka sendiri dan akumulasi pengetahuan, ketrampilan serta sumber lainnya dalam rangka mencapai tujuan tanpa tergantung pada pertolongan dari hubungan eksternal.

B. Tujuan Pemberdayaan Masyarakat
            Tujuan pemberdayaan masyarakat  adalah :
a.         Menggali segala sumber daya yang dimiliki oleh masyarakat.
b.  Membantu klien memperoleh kemampuan untuk mengambil keputusan dan menentukan tindakan yang akan mereka lakukan yang terkait dengan diri mereka, termasuk mengurangi hambatan pribadi dan hambatan sosial dalam pengambilan keputusan.
c.       Pemberdayaan dilakukan dengan peningkatan kemampuan dan rasa percaya diri untuk menggunakan kemampuannya, diantaranya melalui pemberdayaan potensi lingkungan.
d.        Menciptakan kemampuan masyarakat yang memiliki keahlian.



C.Tiga Syarat Proses Pemberdayaan Masyarakat

a. Kesadaran, kejelasan serta pengetahuan tentang apa yang akan dilakukan.
b. Pemahaman yang baik tetang keinginan berbagai pihak (termasuk masyarakat) tentang hal-hal apa, dimana dan siapa yang akan diberdayakan.
c. Adanya kemauan dan ketrampilan kelompok sasaran untuk menempuh proses pemberdayaan.



D. Aspek pemberdayaan  
 Ditinjau dari lingkup dan objek pemberdayaan mencakup beberapa aspek, yaitu:

1. Peningkatan kepemilikan aset (Sumber daya fisik dan finansial) serta kemampuan secara individual maupun kelompok untuk memanfaatkan aset tersebut demi perbaikan kehidupan mereka.
2. Hubungan antar individu dan kelompok, kaitannya dengan pemilikan aset dan kemampuan memanfaatkannya.
3. Pemberdayaan dan reformasi kelembagaan.
4. Pengembangan jejaring dan kemitraan-kerja, baik di tingkat lokal, regional maupun global.




E. Konsep Pemberdayaan Masyarakat (Piagam Ottawa)
Perlu adannya dorongan terciptanya :
a. Kebijakan berwawasan kesehatan
b. Lingkungan yang mendukung
c. Reorientasi dalam pelayanan kesehatan
d. Ketrampilan individu
e. Gerakan masyarakat



DAFTAR PUSTAKA

Anonim 2014. Makalah Pemberdayaan Masyarakat http://qqprint.wordpress.com/2014/04/10/makalah-pemberdayaan-masyarakat/ Diakses pada tanggal 20 Desember 2014
Anonim 2014 Makalah Pemberdayaan Masyarakat http://munabarakati.blogspot.com/2014/02/makalah-pemberdayaan-masyarakat-pesisir.html. Diakses pada tanggal 20 Desember 2014
Anonim 2014 Makalah Pemberdayaan Masyarakat. http://makalahpemberdayaanmasyarakatdandesa.blogspot.com/ Diakses pada tanggal 20 Desember 2014
Anonim 2014 Makalah Pemberdayaan Masyarakat.  http://tika-anggraeni.blogspot.com/2013/03/makalah-pemberdayaan-masyarakat.html Diakses pada tanggal 20 Desember 2014
Anonim 2014 Makalah Pemberdayaan Masyarakat. http://riaupujangga.blogspot.com/2013/04/makalah-pemberdayaan-masyarakat.html Diakses pada tanggal 20 Desember 2014




Related Posts

Subscribe Our Newsletter