-->

PERBEDAAN MANAJER DAN PEMIMPIN







PERBEDAAN MANAJER DAN PEMIMPIN



Sering kita mendengar dua kata yang secara praktek kerja sama tetapi secara filosofis jauh berbeda, manajer dan pemimpin.

Manajer adalah seseorang yang secara eksplisit ruang lingkup kerjanya hanya mencakup pengelolaan eksploitasi sumber daya manusia ( staff2-nya ) untuk diarahkan menuju target instansi/lembaga yang telah dicanangkan sebelumnya dengan didukung oleh sarana infrastuktur yang tersedia di instansi/lembaga tersebut. Seorang manajer juga harus mampu memformulasikan kualitas SDM dengan teknologi pendukung yang ada.

Sedangkan fungsi seorang pemimpin memiliki arti yang cukup melebar. Tugas dan peran seorang pemimpin juga lebih luas secara teritorial makna.Seorang pemimpin tidak hanya harus bisa mengelola SDM dan teknologi, tetapi juga harus lebih peka dan intuitif dalam mengenali karakteristik organisassi yang dipimpinnya. Tingkat tanggung jawab yang diemban seorang pemimpin juga lebih berat secara bobotnya sebanding dengan volume kerja yang dilakukannya. Mengetahui dan membaca situasi kondisi sekitar hingga selalu ‘up-date’ terhadap segala bentuk informasi ada yang juga merupakan peran pemimpin yang sangat vital tingkat urgensinya.

Jadi, secara eksplisit dalam hal volume kerja dan tingkat tanggung jawab antara manajer dan pemimpin cenderung menempatkan pemimpin di posisi yang paling berat.
 

Related Posts

There is no other posts in this category.
Subscribe Our Newsletter