-->

KARYA ILMIAH

 KARYA ILMIAH


MANFAAT MUSIK BAGI PARA PELAJAR


























DI SUSUN OLEH :
SADLY ASHARI SAID
MUH. RAYYAN HUSAIN
M. SIDIK
FATMAWATI
AGUS SAPTO WIDODO
KELAS : XI  IPA  I
SMA NEGERI I MAMUJU
TAHUN AJARAN 2009 - 2010




KATA PENGANTAR

            Puji syukur kita panjatkan kehadirat  tuhan yang maha esa ,yang karna tas rahmatnyalah dan karunianyah jualah sehingga kami dapat menelesaikan tugas karangan ilmiah ini tepat pad waktunya .


Pengaruh musik bagi para remaja saat ini perlu diperhatikan .remaja saat  ini khususnya bagi para pelajar lebih mementingkan musik  atau mendengarkan musik atau mendengarkan lagu dari pada belajar .

Memang jika kita melihat dampak  negatifnya , musik sangat mengganggu jam belajar seoramg siswa ,tapi ad pula siswa yang memanfaatkan  musik sebagi saran untuk penyemangat dalam belajar ..tergantung dari individu siswa .


Kami berharap dengan selesainya tugas ini ,dapat memberikan suatu manfaat bagi kita semua .kami sadari tak ada sesuatu di dunia ini yang sempurna ,dan kami sadari pula bahwa karangan ilmiah kami  ini masih jauh dari kesenpurnaan , jadi apabila terdapat kesalahan dalam penulisan maupun maksud yang  dituju kami  mohon maaf ,kami ucapkan banyak trima kasih atas  perhatiannya akbar kata wabillahitaufik walhidayah wassalmu alaikum warahmtullahi  wabarakatu...









Mamuju ,29 mei 2010


DAFTAR ISI

Kata pengantar 
Daftar isi.
BAB I Pendahuluan
A.    Latar Belakang 
B.     Rumusan Masalah 
C.     Tujuan 
D.    Manfaat Penilitian 
BAB II  Landasan Teori
A.    Tehnologi Pemutar Musik
B.     Musik
BAB III Metode Penilitian
A.    Lokasi Penilitian 
B.     Cara Pengambilan Data 
C.     Cara Menganalisis Data 
BAB IV Hasil Penilitian 
A.    Hasil Observasi 
B.     Hasil Angket 
C.     Hasil Wawancara 
D.    Analisis Data 
BAB V Pembahasan 
A.    Hasil Observasi
B.     Hasil Angket 
C.     Hasil Wawancara
BAB VI Kesimpulan Dan Saran 
A.    Kesimpulan 
B.     Saran-saran 
DAFTAR PUSTAKA 

 MANFAAT MUSIK BAGI PARA PELAJAR
BAB 1
PENDAHULUAN

A. Latar belakang
            Seiring dengan perkembangan zaman .tehnologi semakin bertambah maju pula .tehnologi zaman sekarang ini sudah  berbagai macam jelasnya .fungsinya berbagai macam pula tergantung pada tehnologi manapun yang digunakan .Misalnya tehnologi yang fungsinya untuk berkomonikasi seperti telepon rumah .handphone,email ,dsb.;tehnologi yang fungsinya membantu mempermudah pekerjaan seperti komputer ,laptop ,LCD ,dsb; teknolgi yang fungsinya untuk hiburan seperti mini compo ,MP3 ,MP4,TV ,DSB.

Disaat ini sudah ada tehnologi  yang sangat membantu dalam proses belajar ,yaitu internet.Dari internet kita dapat menggali ilmu yang lebih dalam .internet juga dapat membantu kita mencari informasi yang sangat cepat dan akurat .

            Dewasa ini ,seiring dengan perkembangan  tehnoligi .banyak anak-anak remaja yang salah jalan mengambil keputusan karna apa ? karna mereka sangat terpengaruh tehnologi. Tapi tidak semua remaja hanaya melihat dari sisi negatifnya .sisi positif nya teknologi bagi para remaja yaitu dapat mengembangkan IQ dan menghilangkan stres.

Salah satu cara yang dapat meningkatkan IQ dan menghilangkan stres yaitu dengan mendengarkan musik .musik dan teknologi adalah dua hal yang tidak dapat dipisahakan .seiring dengan perkembangan tehnologi pemutar musik seperti MP3 ,MP4,IPOD ,VCD tape recorder dsb.sekarng kita dapat melihat para remaja tidak bisa lepas dari musik terbukti dari 40 remaja yang ditemui sekitar 80 %selalu mendengarkan musik .

  
B.Rumusan masalah
Berdasarkan latr belakang diatas dapat rumuskan permasalahan sebagai berikut :

  1. Apakah mamfaat musik bagi para remaja khususnya remaja ?

  1. Seberapa besar pengaruh musik bagi para remaja /pelajar ?

  1. Apakah ada dampak negatif  musik bagi para pelajar ?

C.Tujuan
Sesuai permasalahan diatas tujuan yang ingin dicapai dalam penilitian ini adalh ?

  1. Mengetahui mamfaat musik bagi para pelajar .

  1. Mengetahui dan mendiskripsikan dampak negatif musik bagi para pelajr

  1. Membuktikan bahwa musik juga dapat membantuk meningkatkan iq dan menghilangkan stress /ketegangan .

D. Manfaat penilitian
            Penilitian ini memilki manfaat yaitu :

  1. bagi remaja/pelajar ,penelitian ini dapt dijadikan acuan dalam mengetahui  dampak negatif musik 

  1. bagi ibu hamil asesekali mendengarkan musik klasik agar  IQ anak dapat berkembang .

  1. penilitian dapat menambah semangat pelajar dalam belajar .
BAB II
LANDASAN TEORI

A.Tehnologi pemutar musik

            Tehnologipemutar musik yaitu suatu tehnologi yang dapat digunakn untuk memutar musik ,baik itu MP3,MP4,I-POD dll.tehnolgi dll. Tehnologi ini pada umumnya diproduksi Jepang Korea dan Chicna .Tehnologi pemutar musik ini bermacam –macam cara pakainya tergantung dengan program inti yang dimasukkan kedalamnya ,tapi pada dasarnya semuanya sama .


  1. MP3
Multi player generasi 3 atau lebih dikenal dengan sebutan MP3 terbagi atas dua jenis yaitu :
    1. MP3 tunggal
MP3 tunggal atau berdiri sendiri yaitu Mp3 yang tidak dapat digunakan untuk keperluan lain .hanya digunakan untuk mendengarkan musik .MP3 ini berbentuk kecil dan mudah di bawa kemana mana dan berukuran kecil .
    1. MP3 terpogram
MP3 ini tidak memiliki bentuk sendiri .MP3 3 ini dimasukkan (diprogram
)kedalam tehnologi lain yang fungsinya untuk hiburan (memutar musik) .MP3 jenis ini dapat ditemukan pada progarm –program musik /multimedia didalam alat tertentu seperti HP.MP4 ,DSB.
  1. MP4
cMulitiplayer ke 4 (MP4) merupakn tehnologi yang didlamnya terdapat program-program hiburan seperti VCD,DVD,MP3,dan MP4 itu sendiri .bentuknya pada umumnya menyerupai VCD

  1. I-POD
i-pod adalah lat untuk mendengarkan musik yan g berdiri sendiri ,perbedaanya dengan MP3 yaitu I-PD memiliki ukuran yang lebih besar dari MP3 yang mudah dibaw kemanapun memori I-pod lebih besar daripada MP3 .

B.Musik
            Musik adalah bunyi yang diteriama oleh individu oleh individu dan berbeda-beda berdasarkan sejarah lokasibudaya dan selera individu masing-masing.
            Definisi musik bermacam-macam ,diantaranya :

v  Musik adalah bunyi atau kesan terhadap sesuatu yang ditangkap oleh alat indera pendengar

v  Segala bunyi yang dihasilkan secar sengaja oleh seseorang atau kumpulan dan disajiakn sebagi musik.

Aliran –aliran pun sangat banyak macamnya diantaranya musik pop ,musik hip-hop, rock, jazz  dan blues
Manfaat musik sangat banyak ,tergantung penilaian per individu manfaat musik dan

v  Menghilangkan stress
v  Menghibur
v  Mengisi kebosanan
v  Menjadi alternatif untuk melampiaskan perasaan yang dirasakan .

BAB III
METODE PENELITIAN

            Penelitian ini dilakukan dengan cara menyebarkan angket kepada remja tau pelajar di kota Mamuju .Pengisian angket dilakukan dengan cara mengisi setiap pertanyaan didal angket tersebut .

Responden yang terpilih untuk mengisi angket adalah responden yang memenuhi syarat berikut :
v  Seorang pelajar
v  Mengerti masalah (tahu tentang musik )
v  Biasa mendengarkan musik

A.Lokasi penilitian
            Pengambilan loksai dilakukan secara acak yang terdiri dari siswa SMP ,SMA ,dan mahasiswa.

B.Cara pengambilan data
            `pengambilan data dilakukan dengan beberapa cara yaitu angket ,wawancara dan observasi.

C.Cara menganalisis data
`           Cara menganalisis data yaitu dengan mengelompokkan responden kedalam dua kelompok yaitu kelompok yang berpendapat musik memiliki dampak positif dan negatif .pengelompokkan tersebut dari hasil pertanyaan angket dan hasil wawancara .

dari hasil didapatkan ,kemudian pembagian dua kelompok tersebut dihitung.apabila kelompok yang mengatakan musik memiliki sisi /dampak positif yang lebih banyak maka dapat disimpulkan bahwa musik baik para remaja /pelajar ,tapi apabila sebaliknya kelompok yang berpendapatmusik memiliki dampak negatif lebih banyak maka dapat disimpulkan bawaha musik tidak baik (tidak bermamfaat )bagi para remaja /pelajar .

BAB IV
HASIL PENILITIAN

A.Hasil obsevasi
Responden : siswa SMA saat jam istirahat sekolah dan siswa siwi dan siswa-siswi SMP&SMA  serta mhasiswa saat diluar sekolah atau kampus .

1.      siswa SMA saat jam istirahat sekolah yang mendengarkan musik dibandingkan membaca buku .
2.      waktu para pelajar (siswa SMP dan SMA serta mahasiswa ) yang digunkan untuk mendengar musik diabndingkan belajar .dan wajtu yang digunakan untuk mendengarkan musik sambil belajar .

No
Mendengar musik
Lama
Waktu
Banyaknya
Pelajar
Yang mendengar musik
Persentase
1

2

3
Pada saat jam istirahat sekolah
Pada saat diluar sekolah/kampus  
Pada saat belajar

2×15 menit

1-2 jam

15-30 menit
10 orang

10 orang

10 orang
8 orang

5 orang

7 orang
80 %

50 %

70 %

B.Hasil Angket
            Angket yang disebarkan adalah angket yang berisi pertanyaan –pertanyaan yang bersifat umum dan tertutup . anket yang ditunjukkan untuk mengetahui secar umum dan detail mengenai mamfaat musik para remaja /pelajar .

C.Hasil wawancara
            Berdasarkan hasil wawancara dengan 10 orang remjaa diperoleh data sebagai berikut (1) 70 % mengatakan musik bermamfaat bagi pelajar .(2)30 % mengatakan musik tidak bermamfaat bagi para pelajar .

D.Analisis Data
            Pengelompokkan penjawab dibagi menjadi dua kelompok yaitu :kelompok A:kelompok yang mengatakan musik bermamfat pelajar . B:kelompok yang berpendapat bahwa musik tidak bermafaat bagi para pelajar .kelompok manakah yang lebih banyak didukung koresponden ? berdasarkan data yang diproleh dapat dihitung kelompok yang memilih A dan B.

            Berdasakan perhitungan diperoleh hasil :kelompok A memperoleh skor 33 sedangkan kelompok B memperoleh skor 7. dari hasil observasi wawancara dan angket .

BAB V
PEMBAHASAN

            Berdasrkan hasilpengamatan diperoleh hasil bahwa musik memiliki manfat bagi para pelajar .hal ini berdasarkan pada :

A. Hasil observasi
            Presentasi remaj yang mengatakan bahwa musik bermamfaat bagi para pelajar yaitu 82,2 %.presentase tersebut dihitung atas dasr observasi pada 40 responden jadi presentasi diats sudah tergolong besar .

B.Hasil Angket
            Para remaja dominan berpendapat bahawa musik memiliki manfaat yang sangat penting bagi pelajar terbukti dari 10 angket yang dibagikan kepada responden ,hanya 3 orang responden yang mengatakan musik tidak terlalu bermamfaat bagi pelajar .

C.Hasil Wawancara
            Dari hasil wawancara yang dilakukan terhadap responden ,kebnyakan dari mereka berpendapat bahwa musik itu penting bagi pelajar ,dengan alasan musik dapat menghilangkan stres akibat pelajaran di  sekolah .dengan persentase pendapat sekitar 85 %.

DAFTAR PUSTAKA

Akhadiah ,sabarti .1991 .pembinaan kemampuan menulis bahasa indonesia .Jakarta  erlangga
Alwi,Hasan (ed.).1998.tata bahasa baku indonesia .Jakarta .  Balai Pustaka .
Aliminuddin .1987.pengantar apresiasi karya sastra .Bandung .Sinar Baru
BSNP (Badan Standar Nasional Pendidkan ) .2006 .standar kompetensi bahasa indonesia untuk                     SMA /MA .Jakarta .
Hendy ,Zaidan .1990 .kesustraan indonesia 2 : warisan yang perlu diwariskan .Bandung :Angkasa.
Ismail ,Taufik (ed). 2002 Horison Sastra Indonesia 1: kitap puis .Jakarta :Majallha Sastra Horison .
____________(ed).2002 .Horison Sastra Indonesia 2 :Kitap Cerita Pendek .Jakarta :Majallah               Sastra Horison .
____________(ed).2002 .Horison Sastra Indonesia 3 :Kitab Novel .Jakarta :Majallah Sastra Horison
____________(ed).2002 .Horison Sastra Indonesia 4:Kitab Drama .Jakarta : Majallah Sastra Horison..
Keraf ,Groys .1984 .diksi dan Gaya Bahasa .Jakarta :Gramedia
____________1984 .Komposisi .Ende :Nusa indah .
Leonhardt ,Mary .2002 .Cara Menjadikan Anak Anda Bergairah Menulis .Bandung :Kaifa
Luxemburg ,Jan Van  .1984 .Pengantar Ilmu Sastra.Jakarta .Gramedia
Mafruki ,Prasetyo Utomo.2007.kompoten berbahasa indonesia .Jakarta .Erlangga .



Related Posts

There is no other posts in this category.
Subscribe Our Newsletter