KARYA ILMIAH
MANFAAT MUSIK BAGI PARA PELAJAR
DI SUSUN
OLEH :
SADLY ASHARI SAID
MUH. RAYYAN HUSAIN
M. SIDIK
FATMAWATI
AGUS SAPTO WIDODO
KELAS :
XI IPA
I
SMA NEGERI I MAMUJU
TAHUN AJARAN 2009 - 2010
KATA PENGANTAR
Puji syukur kita panjatkan
kehadirat tuhan yang maha esa ,yang
karna tas rahmatnyalah dan karunianyah jualah sehingga kami dapat menelesaikan
tugas karangan ilmiah ini tepat pad waktunya .
Pengaruh musik bagi para remaja saat ini perlu
diperhatikan .remaja saat ini khususnya
bagi para pelajar lebih mementingkan musik
atau mendengarkan musik atau mendengarkan lagu dari pada belajar .
Memang jika kita melihat dampak negatifnya , musik sangat mengganggu jam
belajar seoramg siswa ,tapi ad pula siswa yang memanfaatkan musik sebagi saran untuk penyemangat dalam
belajar ..tergantung dari individu siswa .
Kami berharap dengan selesainya tugas ini ,dapat
memberikan suatu manfaat bagi kita semua .kami sadari tak ada sesuatu di dunia
ini yang sempurna ,dan kami sadari pula bahwa karangan ilmiah kami ini masih jauh dari kesenpurnaan , jadi
apabila terdapat kesalahan dalam penulisan maupun maksud yang dituju kami
mohon maaf ,kami ucapkan banyak trima kasih atas perhatiannya akbar kata wabillahitaufik
walhidayah wassalmu alaikum warahmtullahi
wabarakatu...
Mamuju ,29 mei 2010
DAFTAR ISI
Kata pengantar
Daftar
isi.
BAB I Pendahuluan
A. Latar Belakang
B. Rumusan Masalah
C. Tujuan
D. Manfaat Penilitian
BAB II Landasan Teori
A. Tehnologi Pemutar Musik
B. Musik
BAB III Metode Penilitian
A. Lokasi Penilitian
B. Cara Pengambilan Data
C. Cara Menganalisis Data
BAB IV Hasil Penilitian
A. Hasil Observasi
B. Hasil Angket
C. Hasil Wawancara
D. Analisis Data
BAB V Pembahasan
A. Hasil Observasi
B. Hasil Angket
C. Hasil Wawancara
BAB VI Kesimpulan Dan Saran
A. Kesimpulan
B. Saran-saran
DAFTAR PUSTAKA
MANFAAT MUSIK BAGI PARA PELAJAR
BAB 1
PENDAHULUAN
A. Latar belakang
Seiring dengan
perkembangan zaman .tehnologi semakin bertambah maju pula .tehnologi zaman
sekarang ini sudah berbagai macam
jelasnya .fungsinya berbagai macam pula tergantung pada tehnologi manapun yang
digunakan .Misalnya tehnologi yang fungsinya untuk berkomonikasi seperti
telepon rumah .handphone,email ,dsb.;tehnologi yang fungsinya membantu
mempermudah pekerjaan seperti komputer ,laptop ,LCD ,dsb; teknolgi yang
fungsinya untuk hiburan seperti mini compo ,MP3 ,MP4,TV ,DSB.
Disaat ini sudah ada tehnologi yang sangat membantu dalam proses belajar
,yaitu internet.Dari internet kita dapat menggali ilmu yang lebih dalam
.internet juga dapat membantu kita mencari informasi yang sangat cepat dan akurat
.
Dewasa ini ,seiring dengan
perkembangan tehnoligi .banyak anak-anak
remaja yang salah jalan mengambil keputusan karna apa ? karna mereka sangat
terpengaruh tehnologi. Tapi tidak semua remaja hanaya melihat dari sisi
negatifnya .sisi positif nya teknologi bagi para remaja yaitu dapat
mengembangkan IQ dan menghilangkan stres.
Salah satu cara yang dapat meningkatkan IQ dan menghilangkan stres yaitu
dengan mendengarkan musik .musik dan teknologi adalah dua hal yang tidak dapat
dipisahakan .seiring dengan perkembangan tehnologi pemutar musik seperti MP3
,MP4,IPOD ,VCD tape recorder dsb.sekarng kita dapat melihat para remaja tidak
bisa lepas dari musik terbukti dari 40 remaja yang ditemui sekitar 80 %selalu
mendengarkan musik .
B.Rumusan masalah
Berdasarkan latr belakang diatas dapat rumuskan
permasalahan sebagai berikut :
- Apakah
mamfaat musik bagi para remaja khususnya remaja ?
- Seberapa
besar pengaruh musik bagi para remaja /pelajar ?
- Apakah
ada dampak negatif musik bagi para
pelajar ?
C.Tujuan
Sesuai permasalahan diatas tujuan yang ingin
dicapai dalam penilitian ini adalh ?
- Mengetahui
mamfaat musik bagi para pelajar .
- Mengetahui
dan mendiskripsikan dampak negatif musik bagi para pelajr
- Membuktikan
bahwa musik juga dapat membantuk meningkatkan iq dan menghilangkan stress
/ketegangan .
D. Manfaat penilitian
Penilitian ini memilki manfaat yaitu :
- bagi
remaja/pelajar ,penelitian ini dapt dijadikan acuan dalam mengetahui dampak negatif musik
- bagi ibu
hamil asesekali mendengarkan musik klasik agar IQ anak dapat berkembang .
- penilitian
dapat menambah semangat pelajar dalam belajar .
BAB II
LANDASAN
TEORI
A.Tehnologi pemutar musik
Tehnologipemutar musik
yaitu suatu tehnologi yang dapat digunakn untuk memutar musik ,baik itu
MP3,MP4,I-POD dll.tehnolgi dll. Tehnologi ini pada umumnya diproduksi Jepang
Korea dan Chicna .Tehnologi pemutar musik ini bermacam –macam cara pakainya
tergantung dengan program inti yang dimasukkan kedalamnya ,tapi pada dasarnya
semuanya sama .
- MP3
Multi player generasi 3 atau lebih dikenal dengan
sebutan MP3 terbagi atas dua jenis yaitu :
- MP3
tunggal
MP3 tunggal atau berdiri sendiri yaitu Mp3 yang
tidak dapat digunakan untuk keperluan lain .hanya digunakan untuk mendengarkan
musik .MP3 ini berbentuk kecil dan mudah di bawa kemana mana dan berukuran
kecil .
- MP3
terpogram
MP3 ini tidak memiliki bentuk sendiri .MP3 3 ini
dimasukkan (diprogram
)kedalam tehnologi lain yang fungsinya untuk hiburan (memutar musik) .MP3 jenis ini dapat ditemukan pada progarm –program musik /multimedia didalam alat tertentu seperti HP.MP4 ,DSB.
)kedalam tehnologi lain yang fungsinya untuk hiburan (memutar musik) .MP3 jenis ini dapat ditemukan pada progarm –program musik /multimedia didalam alat tertentu seperti HP.MP4 ,DSB.
- MP4
cMulitiplayer ke 4 (MP4) merupakn tehnologi yang
didlamnya terdapat program-program hiburan seperti VCD,DVD,MP3,dan MP4 itu
sendiri .bentuknya pada umumnya menyerupai VCD
- I-POD
i-pod adalah lat untuk mendengarkan musik yan g
berdiri sendiri ,perbedaanya dengan MP3 yaitu I-PD memiliki ukuran yang lebih
besar dari MP3 yang mudah dibaw kemanapun memori I-pod lebih besar daripada MP3
.
B.Musik
Musik adalah bunyi yang
diteriama oleh individu oleh individu dan berbeda-beda berdasarkan sejarah
lokasibudaya dan selera individu masing-masing.
Definisi musik
bermacam-macam ,diantaranya :
v Musik adalah bunyi atau kesan terhadap
sesuatu yang ditangkap oleh alat indera pendengar
v Segala bunyi yang dihasilkan secar sengaja
oleh seseorang atau kumpulan dan disajiakn sebagi musik.
Aliran –aliran pun sangat banyak macamnya
diantaranya musik pop ,musik hip-hop, rock, jazz dan blues
Manfaat musik sangat banyak ,tergantung penilaian
per individu manfaat musik dan
v Menghilangkan stress
v Menghibur
v Mengisi kebosanan
v Menjadi alternatif untuk melampiaskan
perasaan yang dirasakan .
BAB III
METODE
PENELITIAN
Penelitian ini dilakukan
dengan cara menyebarkan angket kepada remja tau pelajar di kota Mamuju
.Pengisian angket dilakukan dengan cara mengisi setiap pertanyaan didal angket
tersebut .
Responden yang terpilih untuk mengisi angket
adalah responden yang memenuhi syarat berikut :
v Seorang pelajar
v Mengerti masalah (tahu tentang musik )
v Biasa mendengarkan musik
A.Lokasi penilitian
Pengambilan loksai
dilakukan secara acak yang terdiri dari siswa SMP ,SMA ,dan mahasiswa.
B.Cara pengambilan data
`pengambilan data
dilakukan dengan beberapa cara yaitu angket ,wawancara dan observasi.
C.Cara menganalisis data
` Cara menganalisis data
yaitu dengan mengelompokkan responden kedalam dua kelompok yaitu kelompok yang
berpendapat musik memiliki dampak positif dan negatif .pengelompokkan tersebut
dari hasil pertanyaan angket dan hasil wawancara .
dari hasil didapatkan ,kemudian pembagian dua
kelompok tersebut dihitung.apabila kelompok yang mengatakan musik memiliki sisi
/dampak positif yang lebih banyak maka dapat disimpulkan bahwa musik baik para
remaja /pelajar ,tapi apabila sebaliknya kelompok yang berpendapatmusik
memiliki dampak negatif lebih banyak maka dapat disimpulkan bawaha musik tidak
baik (tidak bermamfaat )bagi para remaja /pelajar .
BAB IV
HASIL
PENILITIAN
A.Hasil obsevasi
Responden : siswa SMA saat jam istirahat sekolah
dan siswa siwi dan siswa-siswi SMP&SMA
serta mhasiswa saat diluar sekolah atau kampus .
1. siswa SMA saat jam istirahat sekolah yang
mendengarkan musik dibandingkan membaca buku .
2. waktu para pelajar (siswa SMP dan SMA
serta mahasiswa ) yang digunkan untuk mendengar musik diabndingkan belajar .dan
wajtu yang digunakan untuk mendengarkan musik sambil belajar .
No
|
Mendengar musik
|
Lama
Waktu
|
Banyaknya
Pelajar
|
Yang mendengar musik
|
Persentase
|
1
2
3
|
Pada saat jam istirahat sekolah
Pada saat diluar sekolah/kampus
Pada saat belajar
|
2×15 menit
1-2 jam
15-30 menit
|
10 orang
10 orang
10 orang
|
8 orang
5 orang
7 orang
|
80 %
50 %
70 %
|
B.Hasil Angket
Angket yang disebarkan
adalah angket yang berisi pertanyaan –pertanyaan yang bersifat umum dan
tertutup . anket yang ditunjukkan untuk mengetahui secar umum dan detail
mengenai mamfaat musik para remaja /pelajar .
C.Hasil wawancara
Berdasarkan hasil
wawancara dengan 10 orang remjaa diperoleh data sebagai berikut (1) 70 %
mengatakan musik bermamfaat bagi pelajar .(2)30 % mengatakan musik tidak
bermamfaat bagi para pelajar .
D.Analisis Data
Pengelompokkan penjawab
dibagi menjadi dua kelompok yaitu :kelompok A:kelompok yang mengatakan musik bermamfat pelajar . B:kelompok yang berpendapat bahwa musik
tidak bermafaat bagi para pelajar .kelompok manakah yang lebih banyak didukung
koresponden ? berdasarkan data yang diproleh dapat dihitung kelompok yang
memilih A dan B.
Berdasakan perhitungan
diperoleh hasil :kelompok A memperoleh skor 33 sedangkan kelompok B memperoleh
skor 7. dari hasil observasi wawancara dan angket .
BAB V
PEMBAHASAN
Berdasrkan hasilpengamatan
diperoleh hasil bahwa musik memiliki manfat bagi para pelajar .hal ini
berdasarkan pada :
A. Hasil observasi
Presentasi
remaj yang mengatakan bahwa musik bermamfaat bagi para pelajar yaitu 82,2
%.presentase tersebut dihitung atas dasr observasi pada 40 responden jadi
presentasi diats sudah tergolong besar .
B.Hasil Angket
Para remaja dominan berpendapat
bahawa musik memiliki manfaat yang sangat penting bagi pelajar terbukti dari 10
angket yang dibagikan kepada responden ,hanya 3 orang responden yang mengatakan
musik tidak terlalu bermamfaat bagi pelajar .
C.Hasil Wawancara
Dari hasil wawancara yang
dilakukan terhadap responden ,kebnyakan dari mereka berpendapat bahwa musik itu
penting bagi pelajar ,dengan alasan musik dapat menghilangkan stres akibat
pelajaran di sekolah .dengan persentase
pendapat sekitar 85 %.
DAFTAR PUSTAKA
Akhadiah ,sabarti .1991 .pembinaan kemampuan menulis bahasa indonesia .Jakarta erlangga
Alwi,Hasan (ed.).1998.tata bahasa baku indonesia .Jakarta . Balai Pustaka .
Aliminuddin .1987.pengantar apresiasi karya sastra .Bandung .Sinar Baru
BSNP (Badan Standar Nasional Pendidkan ) .2006 .standar kompetensi bahasa indonesia
untuk SMA /MA .Jakarta .
Hendy ,Zaidan .1990 .kesustraan indonesia 2 : warisan yang perlu diwariskan .Bandung
:Angkasa.
Ismail ,Taufik (ed). 2002 Horison Sastra Indonesia 1: kitap puis .Jakarta :Majallha Sastra
Horison .
____________(ed).2002 .Horison Sastra Indonesia 2 :Kitap Cerita Pendek .Jakarta :Majallah Sastra Horison .
____________(ed).2002 .Horison Sastra Indonesia 3 :Kitab Novel .Jakarta :Majallah Sastra
Horison
____________(ed).2002 .Horison Sastra Indonesia 4:Kitab Drama .Jakarta : Majallah Sastra
Horison..
Keraf ,Groys .1984 .diksi dan Gaya Bahasa .Jakarta
:Gramedia
____________1984 .Komposisi .Ende :Nusa indah .
Leonhardt ,Mary .2002 .Cara Menjadikan Anak Anda
Bergairah Menulis .Bandung :Kaifa
Luxemburg ,Jan Van
.1984 .Pengantar Ilmu Sastra.Jakarta .Gramedia
Mafruki ,Prasetyo Utomo.2007.kompoten berbahasa indonesia .Jakarta .Erlangga .