Perbedaan Pemasaran dan Penjualan
Penjualan :
- Tekanannya pada produk.
- Perusahaan pertama-tama membuat produk dan kemudian bagaimana menjualnya.
- Perencanaan berorientasi ke jangka pendek, berdasarkan produk dan pasar.
- Tekanannya pada kebutuhan penjual
- Manajemen berorientasi pada laba volume penjualan
Pemasaran :
- Tekanannya pada keinginan dan kebutuhan konsumen
- Perencanaan berorientasi ke hasil jangka panjang, berdasarkan produk-produk baru
- Perusahaan pertama-tama menentukan apa yang diinginkan konsumen dan kemudian menbuat atau mencari jalan keluarnya bagaimana membuat dan menyerahkan produk tersebut untuk memenuhi keinginan konsumen.
- Berakhir pada kepuasan konsumen
Dari kedua perbedaan tersebut diatas dapat disimpulkan bahwa penjualan berawal dari produk dan berakhir pada ketentuan atau laba, sedangkan pemasaran berawal dari keinginan konsumen berakhir pada kepuasan konsumen. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada skema berikut:
Secara visual dapat digambar kan:
Konsep penjualan
Produk->Penjualan dan Promosi->Laba Melalui Jumlah penjualan
Konsep pemasaran
Kebutuhan -> pemasaran terpadu ->laba melalui jumlah Kepuasan pembeli
SUMBER :
https://dewisartika94.wordpress.com/2012/11/19/perbedaan-pemasaran-dan-penjualan/